728x90 AdSpace

Latest News

Saturday, November 23, 2013

Mobil Sedan Corolla, Sedan 'Car Luxuralla'

Mobil Sedan Corolla


Siapa yang tak kenal sedan Corolla ? Ya, mobil sedan besutan dari 'raja otomotif dunia' (Jepang) ini memang sudah sangat familiar untuk publik dunia apalagi masyarakat Indonesia. Mulai debutnya dengan tipe Corolla Sprinter Coupe (KE15) pada era tahun 1960-an, jenis mobil sedan ini laris manis di pasaran, tidak terkecuali pasar di Indonesia yang dipublikasikan sekitar tahun 1970-an. Sejak mulai merilis jenis mobil sedan toyota ini tidak kurang sudah 140 negara memasarkannya dan dengan hasil penjualan yang sangat fantastis, yaitu lebih dari 30 juta unit. Oleh sebab itu tidak berlebihan jika Corolla disebut-sebut menjadi mobil sedan terlaris di dunia. Hal ini tentunya tidak lepas dari kualitas dan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan dari produsen negeri Matahari Terbit ini.

Catatan lain yang ditorehkan dari mobil ini adalah penjualan akumulatifnya mencapai 40 juta unit dengan di produksi sekitar 15 pabrik yang tersebar di dunia atau boleh juga di katakan bahwa Corolla menjadi satu dari lima mobil Toyota yang mencatat penjualan terbaik selama 76 tahun. Maka tak heran kepada media Chief Engineer Corolla Shinichi Yasui merasa sangat bangga dan berterimakasih kepada publik yang telah mencitai mobil ini.

Tak puas dengan prestasi yang telah dicapainya tersebut, Di Indonesia Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan mentargetkan penjualan untuk pangsa pasar atas New Corolla Altis sebanyak 52%. Hal ini mengacu pada penjualan tahun sebelumnya yang mencapai 16.232 unit setiap bulan atau 46% per tahun. Ia optimis bahwa target tersebut bisa terlampaui mengingat mobil mewah ini memiliki banyak keunggulan di kelasnya jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya dan patut diberi predikat bahwa Corolla sedan terbaik saat ini.

Mobil Sedan Corolla Tiap Generasi



Tahun 1966-1970 - Generasi Pertama 

Mobil ini dipasarkan pertama kali di Amerika Serikat pada periode tahun 1968. Jenis dari mobil ini mesin 2K 1100 cc. Kemudian pada tahun 1969 hadir dengan Model facelift bermesin 3K 1200 cc.







Tahun 1971-1974 - Generasi Kedua 

Corolla jenis ini lebih besar dari pendahulunya dan model dari pabrikan Toyota yang paling sukses di dunia. Sedangkan jenis mesinnya mempunyai kemampuan yang tinggi dengan spesifikasi  3K (1200 cc), 3K-B (1200 cc dengan 2 karburator), T (1400 cc), 2T (1600 cc), dan 2T-G (1600 cc DOHC).



Tahun 1975-1979 - Generasi Ketiga 


Jenis model sedan pada era tahun ini menggunakan mesin yang beremisi rendah dengan berbasis 50-series karena pada waktu itu tengah terjadi krisis bahan bakar.




Tahun 1980-1984 - Generasi Keempat 

Pada era inilah di Indonesia varian DX dengan 4 pintu di luncurkan. Dengan memiliki 4 lampu depan yang berbentuk bulat semakin menambah rasa 'retro' pada jenis mobil ini. Selain itu bumber menggunakan besi dengan lapisan karet pada kedua ujungnya. Pada jenis mobil ini mesin yang digunakan 1300 cc 4K.



Tahun 1983-1987 - Generasi Kelima

Pada generasi ini merupakan peluncuran jenis model sport Corolla Levin dan Sprinter Trueno untuk di Amerika dan Australia. Sedangkan di Indonesia hadir dengan versi GL (AE80) dengan mesin 2A 1300 cc dan versi facelift SE Saloon (EE80) dengan mesin 2E 1300 cc.






Tahun 1988-1992 - Generasi Keenam 

Sedan lux in hadir ke Indonesia dengan nama Corolla Twincam dengan mesin 1300cc. Minimal ada 4 tipe yang dipasarkan di Indonesia yaitu ; 1.3 SE sedan,  1.6 SE Limited sedan, , 1.6 GTi sedan, dan 1.6 Liftback 5-door.




Tahun 1992-1997 - Generasi Ketujuh 

Pada era ini Toyota memproduksi jenis mobil dengan mesin mesin 1300 cc 4E, 1500 cc 5E, 1600 cc 4A, dan 2000 cc diesel 2C. Sedangkan di Indonesia model dari sedan ini adalah Gread Corolla variant modelnya SE. Adapun mesin yang digunakan adalah  2E 1300 cc dan SE-G dengan mesin 4A-FE 1600 cc.





Tahun 1995-2002 - Generasi Kedelapan 

All New Corolla kini hadir pada generasi ini. Dengan tampilan yang lux serta interior yang mewah, pangsa pasang di Indonesia menyambut baik atas kehadirannya. Varian yang ditawarkan pada era ini adalah 1.6 XLi, 1.6 SE-G, dan 1.6 S-Cruise. Sedangkan falitas yang ditawarkan sangat menarik yaitu adanya ABS, dual airbag, variable timing wiper, dan sebagainya. Adapun mesin yang digunakan sudah memakai teknologi Twincam 16 valve EFI.




Tahun 2000-2006 - Generasi Kesembilan 

Kemewahan serta kelengkapan fitur pada generasi sebelumnya seolah tidak bisa membuat puas Toyota. Pada era ini di Indonesia hadir Corolla Altis. Jenis baru ini memiliki dimensi lebih besar dari 'kakak' nya. Varian ini sangat mewah dan dilengkapi dengan MID serta Audio control pada stirnya.







Tahun 2006-Sekarang - Generasi Kesepuluh
 
Inilah era baru berkendara dengan tingkat kenyaman maksimal serta nuansa elegant yang terus melekat. Toyota dengan segala inovasinya meluncurkan jeni varian baru dari mobil sedan Toyota lux ini. Di Indonesia sendiri dikenal dengan Corolla Altis versi facelift yang dipublikasikan pada tahun 2010. Dengan tetap standarisasi EURO III jelas jenis mobil ini sangat ramah lingkungan. Selain itu mobil ini menggunakan jenis mesin 1ZZ-FE 1800 cc VVT-i 16 valve.


Itulah kesepuluh generasi Corolla yang berkiprah di dunia dan memberikan sebuah kontribusi kepada khalayak akan sebuah kendaraan dengan tingkat kenyamanan yang maksimal serta didukung dengan berbagai macam fasilitas yang memungkinkan kenyamanan bagi pengendaranya . Jadi jenis mobil apakah yang telah Anda punyai  atau Anda lebih menyukai dari generasi tertentu ?

Grand New Corolla Altis


mobil sedan corolla

Bagi Anda yang sedang mencari jenis mobil sedan dengan tingkat kenyamanan yang tinggi, tentunya tak usah jauh-jauh menjelajah banyak varian. Debutan anyar dari Toyota dengan performa barunya yaitu Grand New Corolla Altis ini bisa dijadikan alternatif untuk mempunyai sebuah kendaraan yang lux, mewah serta dengan tingkat kenyamanan maksimal.

Sedan ini mengadopsi mesin IL, 4Cyl, 16 V, DOHC, Dual VVT-i with ACIS dengan daya maksimum 158/6200 rpm. Selain itu tampilan exterior dan interior yang super mewah juga disuguhkan dengan model lampu belakang melengkung akan memberikan jenis sedan ini semakin cantik. Untuk lebih jelasnya spesifikasi dari mobil ini, berikut penjelasannya ;

Spesifikasi Grand New Corolla Altis

1. Harga

  • Starting at   Rp. 355.100.000,00 ( Jakarta)
  • Grand New 2.0 V A/T   Rp. 407.600.000,00

2. Eksterior

Eksteriorr yang disuguhkan pada Grand New Corolla Altis ini sungguh sangat menawan. Lihat saja lampu depan dengan HID with New Headlamp Design with smoke colour akan lebih memberikan kesan elegant pada setiap penampilannya. Selain itu kaca depan menggunakan  Green Laminated dan Top Shade. Dibagian lain pada eksterior lampu kombinasi belakang mengadopsi LED with New Design smoke colour. Dibagian roda Anda akan menemukan jenis velg roda dengan gaya Alloy Wheel 10 Spoke. Serta tak lupa back sonar dan corner sensor sebagai bentuk navigasi otomatis yang akan meringankan daya jeli Anda.


3. Interior


Tampilan yang agresif pada sisi interior sangat terasa pada jenis mobil lux ini. Hal ini terlihat pada sisi wara dashboard  yaitu Brown / Grege semakin menambah kesan yang elegant. Disisi lainnya juga terlihat yaitu kontrol sepion yang sudah elektrik. Sementara itu jika kita lihat ke bagian lampu ruangan jenis mobil ini menyuguhkan jenis varian Room Lamp integrated with switch, Glove Box Lamp, Door Courtesy Lamp in Front, Front Personal Lampdan Luggage Room Lamp. Dengan demikian semakin kental nuansa mewah pada tiap sudut ruangannya. Sementara untuk audio sebagai penunjang Anda dalam berkendara debutan Toyota ini memakai New Audio Video-DVD Player with Navigation yang bisa Anda kontrol dari kemudi.


4. Kenyamanan

Bukan hanya desain interior saja yang bagus tentunya, tetapi jenis sedan yang satu ini memiliki tingkat kenyamanan yang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya fitur yang ada, misalnya Seatback Pocket, Bluetooth, Tilt & Telescopic, Foot Rest, seat material with leather, laci tengah dan Auto Rain Sensor. Dengan kelengkapan tekstur interornya membuat para pecinta corolla semakin dimanjakan. Hal ini juga yang tak bisa dibandingkan dengan jenis sedan lain di kelasnya dan tak heran Corolla bisa dianggap sebagai mobil sedan kelas wahid. Melalui interior yang elegant inilah maka Corolla akan mampu terus menjadi yang terdepan pada persaingan jenis mobil sedan.


5. Keselamatan dan Keamanan

Pada peluncurannya sedan ini dibandrol dengan harga di atas 300 jutaan memang layak dengan apa yang diberikan. Dengan tingkat keamanan yang tinggi tentunya Anda tidak perlu was-was dalam berkendara. Front and side SRS Airbag tentunya ada pada jenis mobil ini. Selain itu 1st dan 2nd row Seat Belt dengan tipe 3ELR-ALR*2, C-TR 3ELR*1. Tak lupa Wireless Key System juga didukung dengan sistem alarm serta Speed Auto Lock system yang membuat Anda akan semakin aman dalam berkendara.


6. Dimensi

Lebih kearah spesifikasi dimensi yang ada, memang mobil debutan terbaru ini berukuran Overall Panjang / Lengt (4540), Overall Lebar / Width (1760), Overall Tinggi / Height (1465), Jarak Poros Roda / Wheelbase (2600), Jarak Pijak / Tread (Depan/Front) (1520), Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear) (1520), Radius Putar / Turning Radius (5.3) dan Berat Kosong / Curb Weight (1275).




7. Sasis

Transmisi pada mobil ini yaitu Super CVT-i with 7 speed sequential sport shift matic & Paddle Shift. sedangkan Perbandingan Gigi ke 1 (3.943 ), Perbandingan Gigi ke 2 (2.197),Perbandingan Gigike 3 (1.413),Perbandingan Gigi ke 4 (1.020), Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse (3.145), Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final (2.923), Sementara itu dilihat dari segi suspensinya mobil ini menggunakan suspensi Depan / Front Suspension dengan MacPherson Struts with Coil Spring & Stabilizer, sedangkan suspensi Belakang / Rear Suspension dengan Torsion Beam with Coil Spring & Stabilizer.


8. Mesin 

  • Seri Mesin / Machine Serial
3 ZR-FE
  • Tipe Mesin / Engine Type
IL, 4Cyl, 16 V, DOHC, Dual VVT-i with ACIS
  • Isi Silinder / Displacement (cc)
1987
  • Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)
80.5 x 97.6
  • Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)
158/6200
  • Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)
21.0/3600
  • Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System
Unleaded Gasoline
  • Bahan Bakar / Fuel
Electronic Fuel Injection
  • Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)
55
  • Steering (Power Steering)
EPS



    Pilihan Warna


    White Pearl







    Beige Metalic







    Silver Metalic








    Medium Silver Metalic






    Blue Metalic







    Black Mica







    Dengan demikian lengkap sudah pilihan jenis mobil mewah yang diberikan oleh Toyota untuk Anda. Dengan varian banyak, elegant, lux serta desain interior yang menawan membuat para pecinta mobil sedan benar-benar disuguhkan oleh sebuah produk berkelas.

    7 Fakta Mobil Sedan Corolla

    1. Di produksi oleh negara Jepang
    2. Mobil sedan terlaris di dunia
    3. Desain dan interior mewah
    4. Harga jual kembali masih tinggi
    5. Sparepart sebagian besar mudah di pasaran
    6. Mudah perawatan
    7. Banyak komunitas pengguna

    Info Pemesanan Mobil Sedan Corolla

    AUTO 2000 Ambassador

        Mall Satrio Ambassador, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 8-9, Kuningan, Jakarta, 12940
        Telp. (021) 5762000 (Hunting)
        Fax. (021) 5760040

    AUTO 2000 Angkasa

        Jl. Angkasa Raya I Blok B16/1, Jakarta 10610
        Telp. (021) 4222000
        Fax. (021) 4217773

    Astrido Toyota Batu Tulis

        Jl. Batu Tulis Raya 50 C.D. E.F, Jakarta Pusat 10120
        Telp. (021) 3855360
        Fax. (021) 3841306

    Astrido Toyota Balikpapan

        Jl. Balikpapan Raya No. 7, Jakarta 10160
        Telp. (021) 3863228 (Hunting)
        Fax. (021) 3519833

    Tunas Toyota Pecenongan

        Jl. Pecenongan 60-62, Jakarta 10120
        Telp. (021) 2313777, (021) 3459491
        Fax. (021) 2313001

    Tunas Toyota Pecenongan

        Jl. Batu Tulis Raya No. 42, Jakarta Pusat
        Telp. (021) 3454460 / 80
        Fax. (021) 3454473
        Tunas Toyota Hayam Wuruk

    • Web           : http://www.toyota.co.id 
    • Facebook   : https://www.facebook.com/ToyotaID
    • Twitter        : https://twitter.com/ToyotaID
    • Youtube      : http://www.youtube.com/user/iklantoyota
    • Email          : customer-care@toyota.astra.co.id
    • Layanan 24 Jam : 0807-1-898-898








    Komunitas Corolla
    Great Corolla Club (www.greatcorollaclub.org)


     
    Sumber Gambar
    • www.id.wikipedia.com
    • www.toyota.co.id
    •  
    Daftar Pustaka
    • www.toyota.co.id
    • www.id.wikipedia.org
    • www.okezone.com
    • www.kompas.com
    • www.merdeka.com
    Mobil Sedan Corolla, Sedan 'Car Luxuralla'
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    4 comments:

    1. wah komplit banget infonya gan....jadi penasaran sama mobil sedan corolla

      ReplyDelete
    2. Agan yang satu ini memang kalau bikin tulisan yahooodd banget, thanks infonya broh...

      ReplyDelete
    3. @Arrashi Parfums kalau agan butuh mobilnya langsung ke dealernya aja...

      ReplyDelete
    4. makasih gan, kita sama-sama sharing aja biar bisa dapat info mobil sedan corola yang kompllit

      ReplyDelete

    Top